RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pembelajaran :SD Negeri 060912 Medan
Mata pelajaran :PKN
Kelas/semester :V/1
Alokasi waktu :1x35 Menit
Standar kompetensi
· Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI)
· Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
Kompetensi Dasar
· Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI)
· Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara kesatian RI
· Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara kesatuan RI
· Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang – undangan tingkat pusat dan daerah.
Indikator
· Menjelaskan NKRI
· Memupuk rasa cinta tanah air
· Menghargai pentingnya keutuhan NKRI
· Menjelaskan sikap bela Negara, cinta tanah air
· Menjelaskan pengertian peraturan tingkat pusat
· Menceritakan tentang peraturan tingkat pusat
· Menjelaskan pengertian peraturan tingkat daerah
· Menceritakan tentang peraturan tingkat daerah
Tujuan pembelajaran
· Siswa dapat memahami tentang pentingnya NKRI
· Siswa dapat memupuk rasa cinta tanah air
· Siswa dapat menghargai pentingnya keutuhan NKRI
· Siswa dapat memahami sikap bela Negara dan cinta tanah air
· Siswa dapat mengerti tentang peraturan tingkat pusat dan daerah
· Siswa dapat menceritakan tentang peraturan tingkat pusat dan daerah
Materi pokok
· Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
· Keutuhan NKRI
· Prilaku dalam menjaga keutuhan NKRI
· Peraturan perundang undangan tingkat pusat dan daerah
Metode pembelajaran
· Ceramah
· Tanya jawab
· Penugasan
Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal
· Mengucap salam
· Mengkondisikan kelas
· Berdo’a
· Mengabsen siswa
· Apersepsi
b. Kegiatan inti
Ø Pertemuan pertama
· Guru menjelaskan tentang pentingnya keutuhan NKRI
· Guru menjelaskan pentingnya memupuk rasa cinta tanah air
· Siswa mendengar dan mencatat tentang materi yang diajarkan
· Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang diajarkan apakah siswa telah mengerti tentang materi tersebut
Ø Pertemuan kedua
v Guru menjelaskan tentang pentingnya keutuhan NKRI
v Mencari informasi tentang pentingnya keutuhan NKRI
v Siswa mendengar dan mencatat materi yang diajarkan
v Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa tentang materi yang diajarkan.
Ø Pertemuan ketiga
v Guru menjelaskan tentang bagaimana sikap yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI
v Mencari informasi tentang tokoh-tokoh pahlawan dalam menegakkan NKRI
v Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
Ø Pertemuan keempat
v Guru menceritakan tentang perundang – undangan tingkat pusat.
v Guru menjelaskan pengertian peraturan perundang – undangan
v Mengadakan tanya jawab dengan siswa
Ø Pertemuan kelima
v Guru menjelaskan pengertian perundang – undangan tingkat daerah
v Guru menceritakan tentang peraturan tingkat daerah
v Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa.
c. Kegiatan akhir
· Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran
· Guru menutup pelajaran
· Mengucap salam
Sumber belajar
· Pendidikan kewarganegaraan SD kelas V,penerbit pusat perbukuan
Penilaian belajar.
Evaluasi
Bentuk tes : lisan
:tulisan
Diketahui oleh medan,28 maret 2011
Dosen pembimbing Calon Guru
Dewi endriani Erma yani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar